Mengobati Batuk Secara Alami

Cara mengobati batuk secara alami - Batuk memang sangat mengganggu, yang menyebabkan penderitanya merasa sangat tidak nyaman, Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Penyebab batuk diantaranya Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), cuaca, alergi, asma atau tuberculosis, menghirup asap rokok dari orang sekitar dan masih banyak lagi.

Adapun bahan-bahan alami yang dapat di gunakan dalam mengobati batuk, diantaranya:

Daun sirih
Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci, direbus hingga mendidih, campur dengan jahe yang sudah dihaluskan, kemudian minumlah air rebusan 2 kali sehari, hal ini untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap hangat.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Perasaan air jeruk nipis dicampus dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

Jahe
Siapkan jahe dan kencur secukupnya sesuai kebutuhan anda, bersihkan dan di iris tipis, rebus semua ramuan tersebut, setelah itu di saring, karena yang akan digunakan hanyalah air rebusannya saja, kemudian campur dengan madu atau jeruk secukupnya, diminum 2 kali sehari.

Tanaman Serai
Untuk mengobati batuk berdahak kita bisa menggunakan tanaman serai. Serai memiliki sifat antiradang sehingga bisa mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan di saluran napas. ramuannya sangat mudahuntuk dibuat, caranya siapkan beberapa gram akar serai yang sudah di bersihkan (cuci), setelah itu rebus dengan satu gelas air kira-kira 15 menit. Setelah dingin baru dapat dikonsumsi. Minum 2 kali sehari.

Untuk anda yang menderita batuk sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh agar selalu hangat, jauhi tempat-tempat yang dingin dan berdebu, mengkonsumsi vit C sebagai penambah daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

0 komentar:

live traffic feed

Info Visitor