Manfaat Rumput Laut

Manfaat dan kandungan gizi pada rumput laut - Rumput laut sudah dijadikan sebagai ramuan obat-obatan dan bahan kosmetik sejak jaman dahulu kala, tanaman ini adalah ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. Rumput laut hidup di dasar samudera yang dapat ditembus cahaya matahari. Rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna lain. Warna tersebut bisa menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum rumput laut yang dapat dikonsumsi adalah jenis ganggang biru (cyanophycea), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

Umumnya rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jika diamati rumput laut sangat beragam, mulai dari berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang. Para peneliti menemukan adanya kandungan bahan-bahan kunci dalam tanaman rumput laut yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahan tersebut mirip dengan kandungan obat yang selama ini diresepkan.

Mineral esensial yang dikandung rumput laut sangat banyak, antara lain besi dan kalsium. Kandungan kalsium rumput laut ditaksirkan sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.

Rumput laut juga dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, karena mengandung Antioksi dan Klorofil pada gangang laut hijau yang berfungsi sebagai antioksidan,

Menurut penelitian para Ilmuwan Jepang, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Kandungan serat pada rumput laut, fungsi serat itu sendiri adalah bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Sehingga sangat cocok untuk makanan diet.

0 komentar:

live traffic feed

Info Visitor