Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya


Manfaat Lidah Buaya - Lidah Buaya merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling populer dalam pengobatan alami, yang merupakan tanaman semi-tropis yang aslinya berasal dari Afrika Utara, Lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman obat tertua dan paling populer yang dikenal manusia, Selain bisa dibuat makanan lezat, lidah buaya atau aloevera ternyata mempunyai segudang manfaat untuk tubuh kita dan juga sangat mudah untuk dibudidayakan dan dikembangkan. Lidah buaya yang dalam bahasa latin disebut Aloe barbadensis Milleer adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan di antaranya, memberikan efek yang baik pada penyembuhan luka karena mengandung tanin dan polifenol di mana tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap jangkitan luka kerana sifatnya yang bertindak sebagai antiseptik dan obat luka akibat terbakar. Dapat pula dimanfaatkan untuk kulit perih akibat sengatan matahari. Cukup tempelkan daging lidah buaya pada daerah yang terluka. Rasa dingin yang dihasilkan dari lidah buaya yang membantu proses penyembuhan. Manakala akar daun lidah buaya pula mengandungi saponin dan flavonoid.  Saponin mempunyai kemampuan sebagai agen pembersih yang sangat baik untuk menyembuhkan luka.  Flavonoid dan polifenol pula dapat berfungsi sebagai antiseptik.

Lidah buaya juga dikenal untuk membantu memperlambat munculnya keriput, karena dapat memperbaiki sel kulit yang rusak yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. Komponen Aloe Vera telah ditemukan untuk membalikkan perubahan degeneratif kulit oleh kolagen merangsang sintesis dan elastin. Flavonoid, vitamin C dan beta-carotene yang terdapat dalam lidah buaya sangat kaya dengan antioksidan.  Melalui sebuah penyelidikan, didapati bahawa lidah buaya dapat membantu regenerasi sel kulit.  Selain itu, ia juga dapat berfungsi untuk memudarkan kesan luka dan garis-garis kehamilan atau stretch mark, merawat luka kecil serta memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah. Selain itu, Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, manfaat lidah buaya telah hipoglikemik. Yaitu dapat mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada orang dengan diabetes.

Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya mampu membersihkan racun yang biasanya menempel pada usus yang berbahaya. Karena dapat mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat menghambat saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal.

0 komentar:

live traffic feed

Info Visitor