Manfaat Dan Khasiat Buah Dan Daun Jambu Biji

Manfaat Dan Khasiat Buah Dan Daun Jambu Biji - Psidium guajava atau Jambu biji, termasuk tanaman perdu, warna buahnya yang merah, batangnya memiliki banyak cabang dan rantingnyapun cukup keras, Rasanya yang manis. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut.

Daun jambu biji, biasa digunakan untuk obat diare. Selain itu, jambu biji mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi, anti-mutagenik, anti-mikroba dan analgesik. Beberepa senyawa kimia yang terkandung dalam jambu biji, antara lain, polifenol, karoten, flavonoid dan tannin. Dengan kelahiran senyawa itu diperkirakan daun jambu biji juga mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat keberhasilan dalam mengobati berbagai penyakit.

Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika Anda ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

0 komentar:

live traffic feed

Info Visitor